Created on 20 September 2019
Written by Humas

 Sekilas BPBD Jawa Barat

gempa 2 september 2009

     Begitu besarnya dampak yang ditimbulkan oleh gempa bumi 2 September 2009 membuat Pemerintah Provinsi Jawa Barat memahami bahwa penanganan

bencana –terutama yang berskala besar, tidak mungkin lagi ditangani dengan pola dan kelembagaan Satuan Koordinasidan Pelaksanaan Penanggulangan Bencana (Satkorlak PB). Kesiapsiagaan seluruh lapisan di pemerintahan menjadi penting terkait dengan penanggulangan bencana itu. Apalagi, penanggulangan bencana merupakan suatu rangkaian kegiatan yang berkaitan dan memang kerap kali dilakukan secara lintas lembaga dan lintas wilayah. Koordinasi antarinstansi terkait pun menjadi penting.

 

     Dari beberapa kejadian dan fakta yang ada bahwa bencana yang terjadi di Jawa Barat sangat beragam jenis dan skalanya. Jenis bencana yang berpotensi di Jawa Barat dapat dikelompokkan secara umum ada tiga jenis ,yaitu bencana alam, bencana nonalam, dan bencana sosial. Setiap bencana mengakibatkan dan berdampak terhadap kehilangan jiwa manusia, harta benda, sarana prasarana, serta psikologis korban bencana. Sebagaimana dijelaskan pada Pasal 5 Undang‐Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, posisi pemerintah dan pemerintah daerah menjadi penanggung jawab dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana.

 

     Karena menyadari kebutuhan‐kebutuhan itulah, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat pun dibentuk pada tahun 2009. Tak dimungkiri, kejadian gempa bumi yang terjadi 2 September 2009 itu mempercepat langkah pembentukan BPBD Provinsi Jawa Barat. Sejak saat itu, keberadaan BPBD Jawa Barat memiliki arti strategis terkait dengan penanggulangan bencana. Lembaga baru di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat ini diharapkan bisa selalu siap siaga untuk menyelamatkan lebih banyak orang dan menekan kerugian harta dan benda para korban saat terjadi bencana.

 

 
New layer...

Alamat BPBD Jabar

  • Jalan Soekarno Hatta No. 629, Bandung
  • Telp. 022 -7313267 | 022 - 7310952
  • Fax. 022 - 7315274
  • Email: bpbdprovjabar@gmail.com

Peta Lokasi BPBD Provinsi Jawa Barat

Pengunjung Website